$type=carousel

Kendaraan Tonase Besar Pemicu Ambrolnya Jembatan Desa Muara Tenang Mesuji

MESUJI -- Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Muara Tenang Agus Sutanto mengatakan, ambrolnya jembatan yang menghubungkan anta...


MESUJI -- Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Muara Tenang Agus Sutanto mengatakan, ambrolnya jembatan yang menghubungkan antara RK 01 dan RK 03 di Desa Muara Tenang, Tanjung Raya, Mesuji, Lampung yang dibangun menggunakan dana APBDes tahun 2018 murni kesalahan pengguna jalan.

Agus menjelaskan, rusaknya jembatan tersebut akibat kesalahan para sopir kendaraan pengangkut material semen dan pasir untuk pembangunan jalan rabat beton ruas Simpang Segi Tiga Emas- Muara Tenang yang akan dititipkan sementara (stok file) di desanya.

"Jembatan tersebut ambrol karena dilewati oleh mobil tronton dan fuso pengangkut material semen dan pasir milik rekanan yang akan mengerjakan pengecoran jalan Simpang Segi Tiga Emas- Muara Tenang dengan kapasitas muatan lebih dari 40 ton," jelas Agus, Kamis, 9 Januari 2020.

Kendati demikian lanjut Agus, pihak rekanan pemilik material dan para sopir sudah membuat berita acara dan  kesepakatan dengan desa dan mengaku siap bertanggungjawab untuk segera  memperbaiki jembatan yang rusak itu.
"Dalam berita acara tersebut, tiga orang supir membenarkan serta mengakui bahwa mobil yang mereka kendarai, membawa sekitar 800 sak semen yang jika di total beban muatannya mencapai 40 ton, belum lagi ditambah beban kendaraannya. Oleh karena itulah saat kendaraan mereka melintas diatas jembatan tidak mampu menahan beban sehingga mengakibatkan jembatan ambrol," tambahnya.

Pernyataan Ketua BPD itu diperkuat dengan keterangan Pendamping Desa Tehnik Infrastruktur (PDTI) Desa setempat Wayan, bahwa jembatan tersebut hanya mampu dilintasi oleh kendaraan dengan beban maksimal 6-8 Ton saja. Sementara yang terjadi dilapangan, beban kendaraan yang melintasi jembatan itu mencapai 40 Ton, dan itu terjadi berulang kali.
"Jembatan dengan panjang 7 Meter dan Lebar 2,8 Meter yang menguhubungkan RK 01 dan RT 03 itu dibangun dengan menggunakan DD tahun 2018 dan rampung dibangun pada bulan Oktober  2018 dengan nilai anggaran Rp42.989.900., dan hanya mampu dilintasi oleh kendaraan dengan beban maksimal 6-8 ton saja," urainya.

M.Hamdani Kepala Desa Muara Tenang membenarkan terkait rusaknya jembatan tersebut, karena dilintasi oleh mobil fuso dan tronton yang membawa material untuk pembangunan di wilayah desa setempat.
"Ya benar jembatan tersebut ambrol karena beban yang terlalu berat, namun kita sudah membuat berita acara kesepakatan terkait kerusakan jembatan di desa kami dan akan segera dibangun kembali oleh para supir dan pemilik material," jelas Dani panggilan akrab Hamdani.

Menurutnya, jembatan tersebut dibangun dengan DD  tahun  2018 kapasitas yang bisa melintas hanya 6-8 ton sedangkan yang melewati bermuatan lebih dari 40 ton.
"Kita tidak bisa melarang mobil lewat karena itu merupakan satu-satunya akses yang bisa di lalui untuk membawa material demi mendukung pembangunan yang dilakukan Pemda, tapi dalam waktu dekat akan segera diperbaiki," pungkasnya.(di)

Nama

Bandarlampung,617,ekbis,75,Feature,5,Kriminal,154,lambar,8,Lampung Selatan,491,Lampung Tengah,132,Lampung Timur,575,Lampung Utara,100,Lipsus,3,mesuji,373,metro,235,nasional,226,novel,29,Opini,18,Pesawaran,14,Pesisir Barat,17,Politik,1194,Pringsewu,14,Provinsi,323,pusiban,56,ragam,265,Suara Pembaca,1,Tanggamus,29,Tubabar,7,Tulang Bawang,29,Video Streaming,1,Waykanan,28,
ltr
item
Surya Andalas: Kendaraan Tonase Besar Pemicu Ambrolnya Jembatan Desa Muara Tenang Mesuji
Kendaraan Tonase Besar Pemicu Ambrolnya Jembatan Desa Muara Tenang Mesuji
https://1.bp.blogspot.com/-O0GEhLPdq2c/Xhgyy_SE_0I/AAAAAAAAaxU/VMrX_3s4vLEFNxdkwPyBDmjdwcNwMNmowCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200109-WA0064.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-O0GEhLPdq2c/Xhgyy_SE_0I/AAAAAAAAaxU/VMrX_3s4vLEFNxdkwPyBDmjdwcNwMNmowCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200109-WA0064.jpg
Surya Andalas
http://www.suryaandalas.com/2020/01/kendaraan-tonase-besar-pemicu-ambrolnya.html
http://www.suryaandalas.com/
http://www.suryaandalas.com/
http://www.suryaandalas.com/2020/01/kendaraan-tonase-besar-pemicu-ambrolnya.html
true
6062779249033157586
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy