$type=carousel

Penyusunan Anggaran, Komisi II DPRD Mesuji Belajar ke Jakarta

MESUJI-- Komisi II DPRD Kabupaten Mesuji  melakukan kunjungan kerja Ke Komisi II DPRD DKI Jakarta terkait peran DPRD dalam penyusunan angg...

MESUJI-- Komisi II DPRD Kabupaten Mesuji  melakukan kunjungan kerja Ke Komisi II DPRD DKI Jakarta terkait peran DPRD dalam penyusunan anggaran dengan sistem e- planing dan e- budgeting.

Tujuan kunker itu agar kedepan kabupaten Mesuji dalam penyusunan anggaran agar kedepan bisa lebih baik lagi sehingga pembangunan yang dilakukan tepat sasaran dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Ketua Komisi II Dprd Kabupaten Mesuji Supriyanto mengatakan pihaknya saat ini sedang berkunjung  ke Komisi II DPRD DKI Jakarta guna menyerap tentang  pengintegrasian e-planning dan e-budgeting. Langkah pengintegrasian ini berangkat dari kebutuhan Kabupaten Mesuji dalam proses perencanaan dan penganggaran yang nantinya bisa diterapkan di setiap SKPD.
Supriyanto menjelaskan  untuk proses perencanaan dan penganggaran di Mesuji saat ini belum dimulai dengan penerapan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Daerah (Simrenda) dan Sistem Keuangan (Siskeu). Akan tetapi, sistem aplikasi ini kedepan  perlu dilakukan agar proses perencanaan dan penganggaran dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

“Dengan adanya integrasi ini maka tidak ada lagi double entry, kita bisa menggunakan single login dan single entry, data yang sudah ada di Simrenda, seperti kode instansi, kode program, kode kegiatan, kegiatan, anggaran, lokasi, output, outcome, tidak perlu diinput ulang ke Siskeu, tentunya ini memudahkan operator dalam menginput data,” jelasnya, Kamis (28/02).
Meski integrasi e-planning dan e-budgeting ini telah berjalan, di beberpa daerah dan provinsi seperti halnya di DKI Jakarta namun, menurut pengakuan dari Komisi II  DPRD DKI Jakarta proses integrasi masih akan terus dikembangkan. Harapannya kabupaten Mesuji bisa  menerapkan e-planing dan e-butgeting.

Dalam kunjungannya ke komisi II DPRD  DKI Jakarta Supriyanto bersama anggota Komisi II lainnya mengaku mendapat ilmu  bagaimana Pemerintah Daerah sudah selayaknya meninggalkan hal-hal konvensional apalagi terkait dengan proses perencanaan dan penganggaran.

“Sistem e-planing dan e-butgeting memberi kemudahan sebab  Kalau masih diketik secara manual bisa membutuhkan waktu sebulan dua bulan dengan integrasi ini ada kemudahan-kemudahan yang bisa dirasakan oleh para pelaksana perencana fisik maupun keuangan,” imbuhnya.
Penerapan e-paling dan e-budgeting tujuanjyan yaitu tercapainya proses perencanaan dan penganggaran yang tak hanya efektif, efisien, tetapi juga akuntabel.

 “Saya sangat berharap  kabupaten mesuji bisa mulai menerapkan ini sebab integrasi penganggaran dan perencanaan ini bisa berjalan lebih baik sebab KPK sudah mulai melihat Pemerintah Daerah dari proses perencanaannya dengan begitu kita punya kewajiban membuat perencanaan yang transparan dan akuntabel," tutupnya.
Kunjungan ini diharapkan pemerintahan  dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Komisi I DPRD Mesuji kedepan akan lebih baik lagi sehingga terbangun kemitraan yang lebih harmonis dan membawa perubahan untuk kabupaten Mesuji yang lebih baik .

Kunjungan kerja Komisi I DPRD  Mesuji ke DPRD DKI Jakarta yang diketua Suyadi bersama 11 anggota lainya ini, kedua komisi yang sama-sama membidangi hukum dan pemerintahan. Pun saling berbagi pendapat dan kiat-kiat dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di bidangnya.

“Banyak hal yang kami bicarakan dalam pertemuan itu. Kami banyak juga bertanya soal pelaksanaan Tupoksi Komisi A. Dan juga mengenai Perda inisiatif yang nantinya diusulkan DPRD Kabupaten  Mesuji yang sangat melekat dengan bidang hukum dan pemerintahan," jelas Ketua Komisi A Mesuji, Suyadi.

Sedangkan menurut Parsuki Anggota Komisi I dalam kunjungannya ke DPRD DKI Jakarta setidaknya ada beberapa hal penting juga dibahas bersama tentang mekanisme perijinan dan pengelolaan aset daerah. Menurut Parsuki pihaknya juga saling bertukar pengetahuan terkait perijinan dan aset daerah. Karena menurutnya hal itu sangat penting dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Supaya kedepan memahami mekanisme dan tupoksnya masing-masing.

“Tadi juga kami berbagi formula, bagaimana membangun kemitraan yang baik antara Komisi A dan mitra kerjanya. Agar nantinya, ketika sekembalinya dari Kunker ini, kami bisa praktikkan di Kabupaten Mesuji,tutupnya (ADV)



Nama

Bandarlampung,594,ekbis,75,Feature,5,Kriminal,154,lambar,8,Lampung Selatan,485,Lampung Tengah,132,Lampung Timur,567,Lampung Utara,100,Lipsus,3,mesuji,370,metro,227,nasional,213,novel,29,Opini,17,Pesawaran,14,Pesisir Barat,17,Politik,1187,Pringsewu,14,Provinsi,320,pusiban,56,ragam,265,Suara Pembaca,1,Tanggamus,28,Tubabar,4,Tulang Bawang,29,Video Streaming,1,Waykanan,28,
ltr
item
Surya Andalas: Penyusunan Anggaran, Komisi II DPRD Mesuji Belajar ke Jakarta
Penyusunan Anggaran, Komisi II DPRD Mesuji Belajar ke Jakarta
https://3.bp.blogspot.com/-yByGSJJZa3Y/XHdh7b934hI/AAAAAAAAZpk/4EOI8trNXm8IJ-sl_ObwmRBKX3iV-WMcQCLcBGAs/s320/IMG-20190228-WA0010.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-yByGSJJZa3Y/XHdh7b934hI/AAAAAAAAZpk/4EOI8trNXm8IJ-sl_ObwmRBKX3iV-WMcQCLcBGAs/s72-c/IMG-20190228-WA0010.jpg
Surya Andalas
http://www.suryaandalas.com/2019/02/penyusunan-anggaran-komisi-ii-dprd.html
http://www.suryaandalas.com/
http://www.suryaandalas.com/
http://www.suryaandalas.com/2019/02/penyusunan-anggaran-komisi-ii-dprd.html
true
6062779249033157586
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy