728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Pemda Lampung Selatan Peroleh Penghargaan APE Kategori Madya dari Presiden RI

    Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto (tengah). Foto ist
    Lampung Selatan – Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) kembali meraih penghargaan bergengsi di tingkat nasional.

    Kali ini, kabupaten yang dikenal sebagai pintu Gerbang Sumatera ini berhasil penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya dari Presiden RI.
    Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) RI, Yohana Yambise disaksikan Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden RI, Jarakta, Rabu (19/12/2018).

    Penghargaan itu diterima atas keberhasilan Kabupaten Lamsel dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kepedulian terhadap keselamatan dan kesejahteraan laki-laki dan perempuan dalam upaya perwujudan pengarus-utamaan gender (PUG).

    Sebelumnya, Kementrian PP-PA bekerjasama dengan Tim Independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan PUG tahun 2018 di kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi serta pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.
    Dari informasi yang dihimpun, terdapat 159 kabupaten/kota yang akan menerima penghargaan dari seluruh kabupaten kota yang dilakukan penilaian oleh Kementerian-PPPA bersama Tim Independen.

    Kepala Dinas PP-PA Pemkab Lamsel Rini Ariasih mengatakan, dengan diterimanya penghargaan itu, diharapkan menjadi motivasi bersama untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi warga dan menumbuhkan partispisasi masyarakat di Lamsel.
    Menurutnya, APE merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan sebagai apresiasi bagi kementerian/lembaga, pemerintah darah provinsi dan kabupaten/kota yang telah antusias melaksanakan program perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan.

    “Termasuk komitmen dalam kebijakan anggaran, partisipasi masyakakat serta mendokumentasikan dan menyampaikan informasi secara online mengenai upaya hasil yang telah dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan anak,” kata Rini yang ikut mendampingi Plt. Bupati Lamsel.
    Rini menjelaskan, penghargaan APE dinilai dari tujuh komponen kunci terdiri dari Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Sumber Daya Manusia dan Anggaran, Alat Analisis Gender, Data Gender, dan Pasrtisipasi masyarakat.

    “Alhamdulillah, setelah dilakukan evaluasi dan verifikasi, Lampung Selatan  memenuhi tujuh komponen tersebut sehingga bisa mendapatkan penghargaan ini,” ujarnya.
    Sementara, di Provinsi Lampung  sendiri ada 6 kabupaten/kota yang mendapat penghargaan. Yakni Lamsel kategori Madya, sedangkan 5 Kabupaten lainnya, Bandar Lampung, Metro, Lampung Timur, Mesuji, Lampung Tengah dengan kategori Pratama.

    Sebelumnya, Kabupaten Lampung Selatan juga telah dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan kategori Tingkat Pratama. Dan pada tahun 2018 naik level menjadi KLA kategori Tingkat Madya.
    “Ini semua berkat kerja kersa dan kebersamaan seluruh stakeholder terkait, dan tentunya dukungan dan partisipasi masyarakat Lampung Selatan," pungkasnya. (Eko/kmf)

    Item Reviewed: Pemda Lampung Selatan Peroleh Penghargaan APE Kategori Madya dari Presiden RI Rating: 5 Reviewed By: Suryaandalas TV Suryaandalas TV
    Scroll to Top