728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    IIB Darmajaya Bangga Dipercaya Kemendikbud Karena Menerima Mahasiswa Darmasiswa

    Foto ist

    Bandar Lampung – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya bangga memperoleh kepercayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) untuk menerima mahasiswa Program Darmasiswa.

    Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas, Kerjasama, Pemasaran, dan International Office (HKPI), Novita Sari, S.Sos., MM saat menerima kunjungan monitoring dan evaluasi (monev) program beasiswa Darmasiswa oleh Staf Pengelola Keuangan, Johansyah dari Kemendikbud di Ruang Rapat Gedung Alfian Husin, IIB Darmajaya, Kamis (13/12).

    Tahun 2018, IIB Darmajaya untuk kali pertama menerima mahasiswa program Darmasiswa, Hoang Vo Le asal Vietnam yang akrab disapa Budi (nama Indonesia). Ia belajar Bahasa dan budaya Indonesia di IIB Darmajaya selama 1 tahun (September 2018-September 2019).

    “Sebuah kebanggaan bagi IIB Darmajaya karena dipercaya Kemendikbud untuk menerima mahasiswa Darmasiswa. Semoga kedepannya IIB Darmajaya kembali dipercaya untuk mengelola beasiswa Darmasiswa dari Kemedikbud. Kami berharap program ini akan menambah kepercayaan perguruan tinggi di luar negeri terhadap Darmajaya dan misi Darmajaya menjadi world recognized university insyaallah tercapai,” ujar Novita Sari.

    Staf Pengelola Keuangan Kemendikbud, Johansyah menuturkan, Program Darmasiswa bertujuan mempromosikan dan meningkatkan ketertarikan mahasiswa asing terhadap bahasa dan budaya Indonesia. Targetnya, peserta Darmasiswa nantinya mampu berbahasa Indonesia dan mengenal budaya Indonesia.

    “Kemendikbud berharap, nantinya setelah mengikuti Darmasiswa, para mahasiswa asing ini akan menjadi duta-duta yang kembali memperkenalkan Indonesia di negara asalnya masing-masing. Sehingga semakin banyak wisatawan asing yang tertarik untuk mengunjungi Indonesia,” ungkapnya.

    Menurut Johansyah, indikator tertinggi capaian kegiatan ini adalah dikuasainya Bahasa Indonesia ditingkat baik dalam penuturan oleh penerima beasiswa.
    Pada kesempatan itu, Kepala Bagian International Office IIB Darmajaya, Anggi Andriyadi, S.Kom., MTI mempresentasikan laporan hasil kegiatan Darmasiswa semester I.

    Program yang telah dilaksanakan diantaranya, pelatihan BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dengan metode kelas Bahasa Indonesia oleh dosen di UPT Pusat Bahasa dan metode membaur di perkuliahan jurusan.

    Hoang Vo Le melakukan pengabdian masyarakat dengan kunjungan ke SMA Negeri 1 Padang Cermin Lampung untuk memberikan materi kepada para siswa. Ia juga berkesempatan mempresentasikan paper ilmiahnya pada International Conference on Information Technology and Business (ICITB) 2018 IIB Darmajaya.

    Selain itu, Hoang Vo Le telah melakukan kunjungan industri ke Pelindo II Lampung, kunjungan wisata ke Pulau Pahawang dan Taman Nasional Way Kambas, serta melaksanakan study club bersama para mahasiswa.(*)


    Item Reviewed: IIB Darmajaya Bangga Dipercaya Kemendikbud Karena Menerima Mahasiswa Darmasiswa Rating: 5 Reviewed By: Suryaandalas TV Suryaandalas TV
    Scroll to Top