$type=carousel

Wacana Penggantian Buku Nikah, Ini Kata Kemenag Mesuji

Ilustrasi buku nikah. Foto ist MESUJI-- Pemerintah pusat rencananya mengubah tanda bukti pernikahan dari berbentuk buku ke kartu seper...

Ilustrasi buku nikah. Foto ist

MESUJI-- Pemerintah pusat rencananya mengubah tanda bukti pernikahan dari berbentuk buku ke kartu seperti kartu ATM dan KTP.

Namun saat ini belum ada informasi  atau aturan yang  turun ke daerah terkait petunjuk pelaksanaan (juklak) maupun petunjuk tekhnisnya.
"Sejauh ini belum ada aturan terkait itu yang turun ke daerah jadi kalau memang benar ya kita tunggu aja tetapi itu baru wacana saja," jelas Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Mesuji, Helmi kepada Suryaandalas.com Senin (12/11/2018).

Menurut Helmi jika memang itu benar penerapannya hanya kepada pasangan yang baru menikah dan buku nikah lama tetap berlaku dan tidak diganti.
"Langkah yang kita lakukan saat ini yang di daerah menunggu dan kita akan ikuti jika sudah diterapkan namun untuk saat ini terkait pergantian buku nikah dari buku ke bentuk kartu seperti kartu ATM maupun KTP belum ada tembusan ke daerah," tutupnya.

Rencananya dalam waktu dekat Kementrian Agama mengganti buku nikah menjadi berbentuk kartu. Nantinya, para pasangan suami istri tidak perlu repot-repot membawa buku ketika bepergian, terutama untuk menginap di hotel maupun homestay.
“Kita ke depan ingin tanda bukti seseorang telah nikah tidak lagi menunjukkan buku nikah yang besar, yang susah ditaruh saku dan dibawa bepergian,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat peluncuran Sistem Informasi Manajeman Nikah (SIMKAH) berbasis web di kantornya, Kamis (8/11).

Dia menjelaskan, kartu nikah akan dibuat sebesar kartu ATM ataupun kartu tanda penduduk (KTP). Sehingga, lebih mudah dibawa dan masuk saku. “Kita akan ubah jadi kartu nikah seperti kartu ATM, KTP, dan umumnya yang bisa dibawa dalam saku,” tegasnya.

Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir terkait keasliannya. Sistem yang digunakan untuk pencatatan pun akan dioptimalkan dengan baik seperti e-KTP. “Sama saja dengan KTP kan. Makanya sistem aplikasi web ini kita terapkan. Dulu satu orang punya dua, tiga KTP karena data penduduk kita belum baik. Tapi sekarang dengan e-KTP susah orang punya KTP ganda,” terang dia.

Peluncuran kartu nikah sejatinya sudah berjalan seiring dengan SIMKAH yang kini sudah bisa diunduh melalui  www.simkah.kemenag.go.id. Kemenag menargetkan, akan ada 1 juta kartu nikah yang diproduksi pada 2018 ini. 
“Sekarang sudah kita luncurkan cuma bertahap. Yang jelas sudah mulai kita luncurkan bersamaan dengan ini (SIMKAH),” pungkasnya. (Misdi)

Nama

Bandarlampung,625,ekbis,75,Feature,5,Kriminal,154,lambar,8,Lampung Selatan,497,Lampung Tengah,132,Lampung Timur,577,Lampung Utara,102,Lipsus,3,mesuji,373,metro,236,nasional,227,novel,29,Opini,18,Pesawaran,15,Pesisir Barat,17,Politik,1194,Pringsewu,14,Provinsi,323,pusiban,56,ragam,265,Suara Pembaca,1,Tanggamus,29,Tubabar,7,Tulang Bawang,29,Video Streaming,1,Waykanan,28,
ltr
item
Surya Andalas: Wacana Penggantian Buku Nikah, Ini Kata Kemenag Mesuji
Wacana Penggantian Buku Nikah, Ini Kata Kemenag Mesuji
https://2.bp.blogspot.com/-jSfguDWnRXE/W-rtIJzlV0I/AAAAAAAAXww/w-5gVFmyw6AMyWI4KULacjMl017bzDMygCLcBGAs/s320/buku-nikah.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-jSfguDWnRXE/W-rtIJzlV0I/AAAAAAAAXww/w-5gVFmyw6AMyWI4KULacjMl017bzDMygCLcBGAs/s72-c/buku-nikah.jpg
Surya Andalas
http://www.suryaandalas.com/2018/11/wacana-penggantian-buku-nikah-ini-kata.html
http://www.suryaandalas.com/
http://www.suryaandalas.com/
http://www.suryaandalas.com/2018/11/wacana-penggantian-buku-nikah-ini-kata.html
true
6062779249033157586
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy