728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Pemkot Metro Peringati HKN ke-54

    Suasana peringatan HKN
    Metro - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro memperingati puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 yang diperingati setiap tanggal 12 November, baik di tingkat pusat maupun daerah dengan tema "Aku Cinta Sehat" Sedangkan subtema HKN 2018 adalah "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita", yang berlangsung di Samber Park,  Minggu (18/11/2018).

    Penunjang HKN adalah pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pospindu, minum susu bersama, promosi kesehatan konsultasi kesehatan umum, konsultasi kesehatan jiwa sengan sasaran kegiatan ini adalah lembaga kesehatan se- Kota Metro dan masyarakat se-Kota Metro.

    Wakil Wali Kota Metro, Djohan menyampaikan bahwa tema Ayo hidup sehat. "Mulai dari kita merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan sebagai insan kesehatan. “Mulai dari kita” akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat di negeri ini," ucapnya.
    Djohan memberikan sambutan
    "Peringatan HKN ke-54 dan Pekan Kesadaran Anti Biotik bersamaan dengan kegiatan Car Free day merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat," tambah Djohan.

    Ia berujar, tema HKN 2018  untuk pembangunan Indonesia setengah abad terakhir ini sebagai inspirasi untuk mempercepat tumbuhnya bangsa  Indonesia khususnya Kota Metro yang sehat jasmani, rohani dan sosial, serta bermutu produktif dan berdaya saing.

    “Percepatan ini dilaksanakan dengan mengutamakan upaya promotif , preventif dalam pembangunan kesehatan agar prilaku hidup sehat dan bersih benar-benar diterapkan setiap waktu dan sepanjang hayat oleh seluruh masyarakat Kota Metro,” papar Djohan.

    Ia menambahkan, tahun ini kita berada pada tahap dimana akses terhadap pelayanan kesehatan berkualitas mulai berkembang dan meningkat, dimana masyarakat harus turut terlibat salah satunya dengan kesadaran anti biotik.

    "Sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan Kesadaran Anti biotik menekankan pada penggunaan antibiotik dengan bijak," pungkas Djohan.

    Sementara itu Plt Dinas Kesehatan, Ridhwan melaporkan kegitan HKN dimulai dari bulan Oktober sampai dengan November, untuk memperingati HKN kita merayakan dengan bermacam-macam kegiatan yaitu, seminar kesehatan dan MoU, yang telah dilaksanakan  di Green Sekuntum dan lomba permainan tradisional/olahraga, lomba sarana/SDM, tenaga kesehatan teladan, puskesmas berprestasi, dokter kecil, strata puskeskel, dan kegiatan pramuka saka bakti husada.

    "Dilanjutkan  dengan gebyar germas, lomba tumpeng dan menyusun  buah, kampanye hari cuci tangan sedunia tingkat puskesmas kecamatan yang telah dilaksanakan di puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Metro dan  wisuda balita,” tutur Ridhwan.

    “Selain itu hari ini kita akan mengadakan makan telur bersama sebagai gerakan pangan asal unggas bebas dari residu anti biotik,” tutupnya
    Suasana peringatan HKN
    Acara ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama gerakan pangan asal unggas bebas residu antibiotik, pelepasan balon dan pembagian hadiah utama doorprize sepeda, kulkas, televisi, mesin cuci, dan lainnya.  (Bams)


    Item Reviewed: Pemkot Metro Peringati HKN ke-54 Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top