$type=carousel

Novelis Riswo Sukses Lahirkan Novel Keduanya Tumbal Pesugihan, Ini Penjelasannya

Novelis, Riswo menunjukkan novel keduanya, Tumbal Pada. Foto Misdi MESUJI-- Setelah sukses dengan novel perdananya yang berjudul &#...


Novelis, Riswo menunjukkan novel keduanya, Tumbal Pada. Foto Misdi
MESUJI-- Setelah sukses dengan novel perdananya yang berjudul 'Ketika Meniti Pelangi', Kepala SMAN I Panca Jaya Kabupaten Mesuji, Riswo kembali sukses menulis novel keduanya yang berjudul 'Tumbal Pesugihan'.

Pria kelahiran Desa Karangan Bale Kecamatan  Larangan, Kabupaten Brebes Jawa tengah (Jateng ) ini telah merampungkan novelnya yang kedua  setebal 181 halaman. Kesibukannya dalam  melaksanakan tugasnya  sebagai  kepala sekolah tidak  lantas membuat Riswo meninggalkan kecintaannya dalam  hal menulis. 

Menurut Riswo menulis tidak bisa dipisahkan dengan  dirinya sebagai seorang pendidik. Di mana seorang pendidik harus mampu mengembangkan dirinya lewat sebuah karya. Salah satunya adalah menulis novel yang merupakan sebuah karya sastra.

Riswo menceritakan, menulis novel 'Tumbal Pesugihan' terinspirasi dari sebuah kisah nyata yang dituturkan oleh anak penganut pesugihan yang lolos dari jeratan tumbal pesugihan dari satu keluarga yang menggunakan pesugihan memuja dan menyembah setan agar menjadi kaya.

Dikisahkan di novel itu, Pak Ratno adalah  penganut ilmu pesugihan

Karena ingin  keluar dari jeratan kemiskinan Pak Ratno mengikat perjanjian dengan penguasa gunung yang bernama Mbah Sugih. Mbah Sugih adalah Ratu Jin Pesugihan yang merupakan penguasa mahluk lelembut di sebuah gunung  dalam ikatan perjanjian dengan Mbah Sugih setiap tahunnya Pak Ratno harus memberikan tumbal berupa ayam hitam.

"Pak Ratno tidak tau bahwa yang  dimaksud ayam hitam itu adalah nyawa keluarganya. Akibatnya anak dan istrinya ia jadikan tumbal Jin Pesugihan. Setelah keluarganya habis terpaksa Pak Ratno sendiri harus  jadi tumbal pesugihannya,"  Riswo menceritakan sekelumit kisah novelnya yang baru selesai dibuat  di penerbit Pustaka Media kepada Suryaandalas.com, Senin (22/10/2018).

Novelis ini mengatakan, kisah ini sebagai gambaran jika menganut pesugihan dengan setan dan kisah yang ditulisnya adalah cerita rekaan dan fiktif belaka. Namun bagi Riswo pertentangan pandangan yang terjadi di masyarakat akan kebenaran dalam kisah di novel ini tidak diambil pusing. Karena tujuan dari tulisannya dalam kisah ini adalah untuk mengambil pelajaran dan hikmah  yang terkandung di dalam kisah yang ditulisnya.

Pesugihan dalam  kisah ini hanya bagian dalam  upaya seorang anak manusia mengambil jalan yang keliru untuk memenuhi hasratnya akan kemewahan keduniawian menumpuk harta dan kekayaan. Padahal Allah SWT telah dengan jelas melarang manusia untuk berskutu dengan jin dan setan.

"Kita tidak boleh menghambakan diri kepada selain Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Seperti dijelaskan dalam QS:Al-Jin:6. Dan bahwasannya ada beberapa orang laki laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki laki di antara jin, maka jin jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan," kata Sastrawan ini.

"QS:Al-Luuqman:13 yang artinya dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya. 'Hai anak ku janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar benar kedzaliman yang besar," kata Riswo menggambarkan persekutuan dengan setan yang dilarang oleh agama.(Misdi)


Nama

Bandarlampung,625,ekbis,75,Feature,5,Kriminal,154,lambar,8,Lampung Selatan,497,Lampung Tengah,132,Lampung Timur,577,Lampung Utara,102,Lipsus,3,mesuji,373,metro,236,nasional,227,novel,29,Opini,18,Pesawaran,15,Pesisir Barat,17,Politik,1194,Pringsewu,14,Provinsi,323,pusiban,56,ragam,265,Suara Pembaca,1,Tanggamus,29,Tubabar,7,Tulang Bawang,29,Video Streaming,1,Waykanan,28,
ltr
item
Surya Andalas: Novelis Riswo Sukses Lahirkan Novel Keduanya Tumbal Pesugihan, Ini Penjelasannya
Novelis Riswo Sukses Lahirkan Novel Keduanya Tumbal Pesugihan, Ini Penjelasannya
https://2.bp.blogspot.com/-mU8r6O8GZHk/W83nOizoYJI/AAAAAAAAXUM/ZuMjyWE3jNY1hP1Z-6ZpTQlJUJmDom0KACLcBGAs/s320/IMG-20181022-WA0013.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-mU8r6O8GZHk/W83nOizoYJI/AAAAAAAAXUM/ZuMjyWE3jNY1hP1Z-6ZpTQlJUJmDom0KACLcBGAs/s72-c/IMG-20181022-WA0013.jpg
Surya Andalas
http://www.suryaandalas.com/2018/10/novelis-riswo-sukses-lahirkan-novel.html
http://www.suryaandalas.com/
http://www.suryaandalas.com/
http://www.suryaandalas.com/2018/10/novelis-riswo-sukses-lahirkan-novel.html
true
6062779249033157586
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy