728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Wali Kota Pairin Buka 'Metro Membaca 2018'


    Suasana Metro Membaca 2018
    Metro - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Pusarda) Kota Metro menyelenggarakan 'Metro Membaca 2018' bertempat di perpustakaan kompleks perkantoran Kota Metro, Kamis (27/09/2018).  
    Sebagai kota pendidikan, Kota Metro menyediakan perpustakaan daerah yang dilengkapi berbagai macam buku yang diperuntukkan bagi seluruh siswa hingga masyarakat agar menambah minat baca serta menambah ilmu pengetahuan.

    Acara tersebut yang dihadiri oleh Wali Kota Metro Achmad Pairin, Wakil Wali Kota Metro Djohan dan seluruh forkopimda, perwakilan UPTD Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi tersebut, selain memamerkan buku yang disediakan dari seluruh stand dinas se-Kota Metro, juga diadakan berbagai macam perlombaan, diantaranya lomba menulis artikel, lomba fotograpi, lomba pidato bahasa Lampung, lomba mengirim surat ke Wali Kota Metro, lomba menulis artikel dan Lomba mewarnai serta masih banyak perlombaan.
    Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro, Syahri Ramadhan menjelaskan tema kegiatan ini adalah memasyarakatkan budaya literasi guna mendukung serta mewujudkan Kota Metro  sebagai kota Pendidikan. 
    Suasana Metro Membaca 2018
    "Dengan tujuan menumbuhkembangkan minat budaya baca kepada masyarakat dan sekaligus ajang promosi dan pengenalan pemanfaatan perpustakaan-perpustakaan sekolah dan rumah pintar kelurahan yang ada di Kota Metro.  Menumbuhkembangkan kecintaan membaca, menulis dan berbicara bagi para pelajar dan masyarakat umum sehingga kedepannya mampu menghasilkan kreatifitas yang membanggakan Kota Metro," terangnya. 

    Selanjutnya, terkait literasi itu sendiri dicanangkan oleh pemerintah pusat yaitu literasi nasional. Gerakan literasi nasional tersebut dimulai dari yang pertama gerakan literasi keluarga yakni membiasakan dari segi gemar membaca dan menulis, dan selanjutnya dari sekolah-sekolah untuk menggalakkan literasi sekolahnya dan kemudian melakukan literasi ke masyarakat," jelas Syahri.
    Pada ksempatan itu pula Wali Kota Metro Achmad Pairin mengucapkan selamat kepada siswa siswi yang menjadi juara dalam perlombaan tersebut agar dapat lebih baik lagi dan berprestasi. 

    Pairin juga meminta kepada Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan agar menambah waktu jam buka perpustakaan, mengingat jam pulang siswa pukul  16:00.
     Suasana Metro Membaca 2018
    "Hendaknya Kadis dapat berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan agar dibuat jam ekstra kurikuler serta menyediakan tenda payung di area perpustakaan guna menampung siswa jika kapasitas ruangan tidak mencukupi," ujar Pairin. 
    Untuk diketahui,  Wali Kota Metro Achmad Pairin juga berencana kedepan juga akan membuat museum sejarah berdirinya Kota Metro sejak tempo dulu. (Bams) 

    Item Reviewed: Wali Kota Pairin Buka 'Metro Membaca 2018' Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top