728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Upacara Gelar Senja ke-2 Tutup Kegiatan Pramuka Kwarcab Lampung Selatan


    Lampung Selatan : Upacara Gelar Senja ke-2 menjadi penutup rangkaian kegiatan pramuka Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Lampung Selatan (Lamsel) tahun 2018.
    Upacara yang dipusatkan di Lapangan Sri Tanjung, Desa Jati Baru Kecamatan Tanjung, Senin (24/9/2018), dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel, Nanang Ermanto.

    Hadir pula dalam kegiatan itu, Kajari Kalianda, Sri Indarti, SH, MH, pejabat utama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamsel, Camat, serta utusan dari Kwaran Gerakan Pramuka se-Lamsel.
    Sekretarias Daerah Kabupaten Lamsel, Fredy Sukirman menjelaskan, kegiatan kepramukaan tersebut telah diawali dengan Perkemahan Satu Hari (Persari) yang dilaksanakan pada 18 September 2018, dan diikuti 336 Pramuka Siaga dari 15 Kwartir Ranting (Kwaran).
    Lebih lanjut Fredy menyampaikan, pada 19 September 2018, digelar Lomba Keterampilan Kepramukaan (LKK) yang diikuti 592 Pramuka Penggalang dari 16 Kwaran. Kemudian, dilanjutkan Giat Prestasi yang diikuti 480 Pramuka Penegak dari 3 Kwaran.
    Alhamdulillah, rangkaian kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Tentunya ini semua berkat dukungan dari berbagai pihak, terutama masyarakat yang berada disekitar lokasi kegiatan,” ujar Fredy selaku Ketua Kwarcab Lamsel.

    Sementara, Plt Bupati Lamsel, Nanang Ermanto berharap, melalui kegiatan itu, akan terus melahirkan kreatifitas dan keterampilan dibidang pramuka, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda yang membutuhkan pembinaan.
    “Dengan Giat Prestasi Pramuka, saya juga berharap dapat menjadi wahana pembinaan dalam mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman, keterampilan, dan kepemimpinan. Sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar anggota pramuka, sebagai bekal untuk menjadi pemimpin muda yang berkualifikasi,” kata Nanang saat menyampaikan amanatnya.
    Selain itu, sebelum upacara Gelar Senja dilaksanakan, juga diberikan penghargaan-penghargaan kepada anggota pramuka dewasa.

    Di antaranya, Dharma Bhakti diberikan bagi seseorang yang dinilai berjasa untuk Gerakan Pramuka, lalu penghargaan Pancawarsa diberikan atas jasa dan pengabdian selama 5 tahun, dan penyematan Pramuka Garuda kepada anggota yang telah memenuhi keterampilan khusus.
    “Kepada kakak-kakak yang menerima penghargaan, saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, atas jasa-jasa, pengabdian, dan kerjasama selama ini dalam meningkatkan aktivitas Gerakan Pramuka. Semoga penghargaan yang diberikan dapat memacu untuk dapat lebih membantu Gerakan Pramuka dalam mencapai tujuannya,” tutur Nanang. (Eko)

    Item Reviewed: Upacara Gelar Senja ke-2 Tutup Kegiatan Pramuka Kwarcab Lampung Selatan Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top