728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Panwascam Sukadana Temukan Daftar Pemilih Ganda

    Wasiyat Jarwo
    Lampung Timur - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Sukadana menemukan adanya daftar pemilih ganda, pada wilayah kerjanya.

    Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur pada 21 Agustus lalu telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT).

    Ketua Panwascam Sukadana, Tegas Purnama Hidayah  memaparkan, dalam undang-undang no 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Perbawaslu nomor 21 tahun 2018 tentang pengawasan penyelenggaraan Pemilu. Panwaslucam Sukadana juga akan mengawal terus untuk memastikan agar didapat DPT yang valid, akurat, mutakhir.

    Dikatakannya, temuan tim Panwascam, setidaknya ada 19 desa yang daftar pemilih tetapnya diduga bermasalah, meliputi pemilih ganda, warga yang sudah meninggal dunia, ada nama yang bukanlah pemilih setempat, atau daftar pemilih tidak sesuai dengan tempat tinggal.

    Menyikapi adanya temuan yang disampaikan Ketua Panwascam Sukadana, Komisioner KPU Kabupaten Lampung Timur Wasiyat Jarwo Asmoro yang membidangi data dan informasi.

    Pada Senin 3 September, di ruang kerjanya Waiyat menjelaskan kepada wartawan, dimana temuan Panwascam tersebut tidaklah semua benar, namun demikian Jarwo tidak menampik adanya perihal adanya kesalahan teknis.

    "Tidak semua yang jadi temuan itu benar, tetapi kita juga mengakui ada kesalahan teknis, Kita hargai tugas Panwas," jelasnya.

    Dikatakannya, lantaran temuan tersebut diinformasikan saat ini, sementara KPU telah menetapkan DPT tanggal pada tanggal 21 Agustus 2018 yang lalu.
    "Jadi kita tinggal menunggu rekomendasi Bawaslu," tegas Jarwo.

    Pada kesempatan itu Jarwo juga menyesalkan 'perihal temuan tersebut, yang tidak disampaikan sebelum KPU menetapkan DPT.

    Jarwo juga mengakui adanya data yang tidak sempurna, bahkan tambah lanjutnya, juga pada kecamatan lainnya.
    "Untuk data kependudukan adalah  Disdukcapil, namun tidak secara langsung diserahkan ke kita, yang pada intinya kita semua telah melaksanakan semuanya sesuai tahapan," tambahnya. (FR)
    Item Reviewed: Panwascam Sukadana Temukan Daftar Pemilih Ganda Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top