728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Bupati Mesuji Naikan Tunjangan Kades

    Bupati Mesuji Lantik Kades
    Mesuji- Kabar gembira untuk seluruh kepala desa (Kades) di kabupaten Mesuji.

    Pasalnya, gaji atau penghasilan Kades  beserta tunjangannya pada tahun 2019 akan dinaikkan  dari Rp 3 - Rp 3,5 juta menjadi Rp 5 juta - Rp 5,3 juta/bulan tergantung pendidikan terakhirnya.

    Kepastian kenaikan gaji Kades tersebut disampaikan Bupati Mesuji, Khamami saat memberikan sambutan pada acara pelatihan Kades hasil pemilihan kepala desa serentak  tahun 2018 yang dilaksanakan oleh dinas PMD di Balai desa Mekar jaya kecamatan Tanjung Raya kabupaten setempat  Sabtu (22/09).

    Khamami mengatakan Pemkab Mesuji juga berencana tahun depan pemerintah daerah kabupaten mesuji akan menaikan gaji untuk kepala desa sebesar Rp 5,3 juta perbulan.

    "Sebenarnya gajinya tidak naik hanya tunjangan saja yang naik. Karena saya menyadari berat menjadi kepala desa, dengan mengandalkan gaji yang sebesar itu saya yakin kurang. Dengan gaji Rp 5,3 juta perbulan mudah- mudahan kepala desa paling tidak ini bisa lebih sejahtera," jelasnya.

    Khamami juga berpesan kepada kepala desa terpilih dan ketua penggerak PKK tingkat desa agar kegiatan pelatihan kades ini diikuti dengan sebaik - baiknya sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas dan fungsi dalam memimpin desa ke depan.

    "Mudah mudahan apa yang kita kerjakan pada hari ini bisa bermanfaat bagi masyarakat kabupaten mesuji dan bisa mensejahterakan rakyat yang kita pimpin," pesannya.

    Dia juga berharap kepada kades untuk melakukan kesibukan-kesibukan yang positif agar tidak banyak meninggalkan desa, dan juga harus terus berkomunikasi dengan perangkat desa, yang paling penting selalu berkomunikasi dengan ketua RT.

    "Jadikan ketua RT itu sebagai ujung tombak, karena ketua RT yang membawahi masyarakat, yang mempunyai database yang lengkap di bawah. Jadi jetua RT Itu sangatlah penting," jelasnya.

    Sementara itu untuk menjadikan kepala desa yang bertanggung jawab atas menagemen dan kemajuan pada desa yang dipimpinnya. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Mesuji melaksanakan pelatihan kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak kabupaten Mesuji tahun 2018 selama dua hari.

    Pelatihan ini dilaksanakan di aula Balai Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji, Sabtu - Minggu (22-24)

    Pada pelatihan Kades  terpilih Dina PMD  menghadirkan Roni Abu Hasan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam nlNegeri, Widya Swara Balai Pemerintahan Fesa di Provinsi Lampung, selaku pengisi materi.

    Pelatihan yang dilakukan ini untuk meningkatkan pengetahuan untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan desa dan melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintah desa yang yang berpedoman pada aturan yang berlaku.

    Peserta yang ikut dalam pelatihan kepala desa terpilih hasil pemiliha kepala desa serentak ini berjumlah 12 kepala desa dari 4 kecamatan yaitu kecamatan simpang pematang, Mesuji, Mesuji Timur dan Rawajitu Utara serta 11 orang istri kepala desa terpilih.

    Kepala PMD Mesuji Sunardi menjelaskan, pelatihan awal masa jabatan kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak, pelatihan ini memiliki tujuan penting, sebagai bentuk koordinasi yang dibangun oleh jajaran pemerintah daerah dengan pemerintah desa dalam rangka menyatukan persepsi dalam berbagai pelaksanaan kegiatan pemerintah yang ada di desa.

    "Tujuannya pelatihan awal masa jabatan kepala desa terpilih beserta istri hasil pemilihan kepala desa serentak ini memiliki tujuan sangat penting yaitu memberikan wadah bagi pemerintah desa dalam hal ini kepala desa untuk terus dan berkesinambungan mendapatkan ilmu tentang menagemen pemerintah desa yang benar sesuai praturan yang berlaku," ujarnya.

    Sunardi berujar, semoga dengan pelaksanaan pelatihan awal masa jabatan kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak ini akan menambah wawasan dan pengetahuan bagi kepala desa.

    "Dan kita semua," ucapnya.(Misdi)

    Keterangan foto.Bupati Khamami mengalungkan tanda peaerta pelatihan kepala desa di balai desa melar jaya kecamatan tanjung raya kabupaten Mesuji (foto.Misdi)


    Item Reviewed: Bupati Mesuji Naikan Tunjangan Kades Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top