728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    SMAN 1 Metro Gelar Kegiatan Pramuka PTA

    Upacara pembukaan Pramuka
    Metro - Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti Jiwa Muda Yang Suka Berkarya. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka.

    Prinsip dasar dan metode Kepramukaan pada sasaran akhirnya diharapkan dapat pembentukan watak, akhlak dan Budi pekerti yang luhur. Kepramukaan merupakan sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat dan bangsa,  hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Metro Purwaningsih, di sela kegiatan perkemahan tamu ambalan (PTA), Jumat (10/08/2018).
    Kegiatan Pramuka di Metro
    Lebih lanjut disampaikan, dasar pelaksaan PTA tahun 2018 di Ambalan Bala Putra Dewa dam Ambalan Tribhuwana Tungga Dewi ini adalah Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 yang mengamanatkan bahwa Pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib di sekolah.

    "Kami melaksanakan berdasarkan Undang-undang, oleh sebab itu, maka SMAN 1 Metro sebagai gugus depan melaksanakan program kegiatan awal yang diikuti oleh peserta didik baru dalam rangka pelaksanaan penerimaan tamu ambalan," jelas Ipung sapaan akrab Purwaningsih.
    Kegiatan Pramuka di Metro
    "Pramuka merupakan salah satu wadah pendidikan karakter bagi peserta didik,  maka diharapkan melalui pendidikan kepramukaan di sekolah para siswa dapat terus termotivasi untuk berbuat baik ,saling bantu, solidaritas, dan cinta terhadap alam serta dapat mengimplementasikan tri satya dan dasa darma sebagai kode etik dan kode kehormatan Pramuka," tegas Ipung.

    Untuk diketahui bahwa kegiatan Perkemahan Tamu Ambalan SMA Negeri 1 Kota Metro Ambalan Bala Putra Dewa dan Ambalan Tribhuwana Tungga Dewi dilaksanakan mulai tanggal 10 - 12 Agustus 2018, dengan di ikuti 288 siswa baru yang berlokasi di halaman Gedung Serba Guna sekolah setempat. (Bams)


    Item Reviewed: SMAN 1 Metro Gelar Kegiatan Pramuka PTA Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top