728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Puskesmas Sumber Makmur Resmi Dibuka, Ini Kata Bupati Mesuji

    Foto ist
    Mesuji- Bupati Mesuji, Khamami mengatakan dibangunnya Puskesmas Sumber Makmur untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan.

    “Dibangun puskesmas ini bahwasanya masyarakat dari 5 desa yang ada di Kecamatan Mesuji sendiri untuk menempuh puskesmas yang terdekat akses nya terlalu jauh," ucapnya, di sela pembukaan Puskesmas Desa Sumber Makmur, Kecamatan Mesuji, Jumat 3 Agustus.

    Ia berujar, selain dibangun Puskesmas Sumber Makmur, tahun ini juga Pemda Mesuji akan membangun kantor kecamatan di Desa Sumber Makmur, agar masyarakat dari 5 desa bisa lebih dekat dengan tempat tenaga kesehatan, serta dekat dengan kantor pemerintahan seperti kantor camat.

    "Selain kantor camat pemerintah daerah juga akan membangun akses jalan, semua ini demi masyarakat Mesuji,” ujarnya.

    Ia menambahkan, berkaitan tentang pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) yang dilakukan di seluruh sekolah diharapkan pada tahap ke-2 agar dilaksanakan di pos-pos pelayanan imunisasi.

    "Saya minta tolong dengan kepala puskes, seluruh bidan dan tenaga kesehatan agar bisa membahas bersama untuk berdiskusi bagai mana langkah-langkahnya dalam melakukan imunisasi,” kata dia.

    Orang nomor satu di Mesuji ini berujar, dengan keberadaan Puskesmas Sumber Makmur ini sementara akan diisi 1 dokter umum. “Saya berpesan kepada dokter dan para staf puskesmas untuk bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di puskesmas ini serta memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena banyak puskes yang menerima pasien, tetapi tidak melakukan tindakan, namun selalu memberi rujukan, rujukan dan rujukan lagi," ucapnya.

    Ia menuturkan, pihaknya tak henti-hentinya berpesan bahwasanya mulai saat ini harus ada tindakan, dilakukan upaya terlebih dahulu, bukan pasien yang belum turun dari mobil sudah langsung diberi rujukan.

    "Kan enggak bener kalau tenaga kesehatan seperti ini,” tegasnya.

    Ia menambahkan, bukan hanya pada imunisasi saja, iapun meminta kepada kepala puskes, bidan dan tenaga kesehatan untuk berkoordinasi dengan kepala desa jangan sampai ada warga yang sakit tetapi tidak berobat, atau tidak tersentuh oleh dokter karena faktor biaya.

    "Pokoknya semua orang yang sakit harus kita tangani jangan jangan hanya berorieantasi kepada uang saja, ada uang atau tidaknya pokoknya harus ditangani. Jika ada kejadian yang seperti ini maka akan saya sanksi puskesmas itu, dan dalam masalah dengan kesehatan juga libatkan Babinsa dan Babinkantibmas,” kata dia.

    Diketahui, Puskesmas Desa Sumber Makmur, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji resmi dibuka.

    Puskesmas Sumber Makmur merupakan puskesmas yang ke-13 di Kabupaten Mesuji.

    Untuk tenaga Puskesmas Sumber Makmur sendiri berjumlah 17 Orang, 11 PNS dan 6 THL/TKS,  meliputi Plt Kepala Puskesmas Sumber Makmur yang dipimpin Siswi Rahayu, dan didukung dengan personil puskesmas lain yaitu 1 kepala tata usaha, 1 dokter umum, 4 perawat, 8 bidan, 2 tenaga kesehatan masyarakat, 1 tenaga administrasi, dengan dilengkapi 3 rumah dinas.


    Item Reviewed: Puskesmas Sumber Makmur Resmi Dibuka, Ini Kata Bupati Mesuji Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top