728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Universitas Muhammadiyah Lampung PTS Alternatif Berakreditasi B

    Rektor UMM, Dr. Salman. Foto ist
    BANDARLAMPUNG ---Bagi kamu lulusan SMA/SMK/MA di Lampung yang baru meninggalkan bangku sekolah dan tengah menimbang kampus mana yang hendak dijadikan bangku kuliah, ada satu perguruan tinggi swasta (PTS) terkemuka yang patut jadi alternatif. Manakah?

    Ya, adalah Universitas Muhammadiyah (UM) Lampung, alternatif kampus sekaligus kampus alternatif yang bisa kamu jadikan tempat belajar untuk mempersiapkan masa depan cerahmu.

    Menyambut tahun akademik 2018/2019, PTS di Jalan Zainal Abidin Pagaralam 14 (seberang kampus UBL), Labuhanratu, Kedaton, Bandar Lampung ini turut berbenah demi mengawal cita-cita dan harapanmu menggapai sukses. Ragam persiapan termasuk penawaran khusus bagi mahasiswa baru telah diracik apik almamater kampus berusia 31 tahun ini.

    Demikian dikatakan Rektor UM Lampung Dr. H. Dalman, M.Pd., saat disambangi redaksi di ruang kerjanya, Lantai 3, gedung kampus setempat, Jum'at (20/7/2018), petang.

    Dengan panjang lebar, rektor murah senyum ini menjelaskan beberapa keunggulan komparatif kampusnya di tengah ketatnya persaingan antar kampus perguruan tinggi baik PTS maupun kampus negeri di Bumi Ruwa Jurai.

    "Selamat datang di kampus kami. Bukan saja kampusnya warga Persyarikatan (Muhammadiyah), tapi kampusnya anak muda generasi penerus bangsa, generasi milenial kids zaman now, di Lampung tercinta," sambutnya membuka pembicaraan.

    "Alhamdulillah, sejak berdiri 1987, kini kampus kami telah terakreditasi B, bersama sepuluh dari 200-an PTS di lingkup Kopertis Wilayah II Palembang. Inilah modal dasar kami untuk memberi bakti sekaligus bukti kiprah kami di tengah masyarakat Lampung, sesuai Catur Darma PTM. Inshaallah," terang dia, ramah.

    "Akreditasi B ini satu mata rantai dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi kampus kami, termasuk peningkatan kualitas sumber daya tenaga pengajar, fasilitas pendukung dan penunjang akademik, serta modernisasi kampus menyambut era teknologi digital, eranya Revolusi Industri 4.0," terang dia lagi.

    Dr. Dalman, yang baru dilantik sebagai Rektor UM Lampung 2018-2022 medio 28 April 2018 lalu menggantikan pendahulunya, rektor dua periode 2009-2017 Dr. Agus Pahrudin, M.Pd., menerangkan, kampusnya kini menyediakan 12 program studi (Prodi) strata-1 unggulan dari lima fakultas. Apa saja?

    "Di Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisipol), ada Prodi Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi. Ada Prodi Psikologi di Fakultas Psikologi, Prodi Teknik Elektro di Fakultas Teknik. Ada Prodi Pendidikan Agama Islam di Fakultas Agama Islam," bebernya.

    "Terus, ada Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB) dan Sastra Inggris yang masing-masing merupakan satu-satunya di Lampung, bersama Prodi Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika dan Bahasa Indonesia, di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)," imbuhnya.

    Terakhir, imbuh doktor jebolan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini lagi, di Fakultas Ekonomi terdapat dua Prodi favorit, Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

    Di intern Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), Prodi PLB, Psikologi, dan Perbankan Syariah jadi Prodi unggulan UM Lampung, dari 176 PTM se-Indonesia. "Psikologi, Perbankan Syariah akreditasinya pun B," tandas Dalman.

    Untuk calon mahasiswa baru, selain pembangunan gedung kampus 2 di Jalan Prof. Dr. Hamka, Sukarame, Bandar Lampung, yang terus dikebut, UM Lampung juga menawarkan fasilitas pembiayaan pendidikan terjangkau. Terdapat promo gratis biaya SPP tiga semester dan DPI 40 persen bagi mahasiswa baru yang beruntung, dengan syarat ketentuan berlaku.

    Penerimaan mahasiswa baru UM Lampung tahun ini akan ditutup pada 30 Agustus 2018. Persyaratan administratifnya relatif gampang. Cukup mengisi formulir, melampirkan fotokopi ijazah SMA/SMK/MA yang telah dilegalisir, menyerahkan stopmap folio, pas foto berwarna 2x3 cm dan 3x4 cm, semuanya masing-masing empat lembar, serta membayar biaya pendaftaran Rp 150 ribu.

    Disinggung komponen pembiayaan perkuliahan mahasiswa baru saat ini, selain biaya SPP/BOP yang beda tipis --bervariasi antara Rp 1,75-3 juta per semester, menurut Dalman, komponen yang lain seperti biaya herregistrasi, DPI, PROTI, praktikum, infak mahasiswa, dan wakaf tanah, besarannya sama untuk kelas A dan kelas B dari semua fakultas.

    Guna informasi lebih lanjut, silahkan kamu menghubungi Panitia PMB UM Lampung TA 2018/2019, setiap hari kerja pukul 08.00-17.00 WIB, lewat situs web www.umlampung.ac.id, via e-mail humas.umlampung@gmail.com, telepon 0721701246, atau akun Facebook pmbUmlampung.

    "Bersama UM Lampung, kami ajak generasi muda milenial menyongsong era baru, era digital, era Revolusi Industri 4.0, dengan bekal keilmuan ala intelektual muda yang berkarakter tangguh dilandasi iman dan takwa, unggul di lapangan teori dan praktik sekaligus, serta berdaya saing dalam ipteks," gegas Dalman.

    Hal tersebut sebangun dengan Visi UM Lampung, Mewujudkan Kampus yang Unggul dalam Ipteks dan Berwawasan Global Berdasarkan Nilai-Nilai Keislaman Pada Tahun 2033. "Hai generasi muda, mari bergabung, bersama UM Lampung! UM Lampung, the best future for your life!" serunya, menutup pembicaraan. [red/mzl]
    Item Reviewed: Universitas Muhammadiyah Lampung PTS Alternatif Berakreditasi B Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top