728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Dinas PMD Mesuji Salurkan Benih Pohon Kelapa pada Warga


    Dinas PMD Mesuji memberikan bibit kelapa
    Mesuji- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mesuji memberikan bantuan bibit kelapa dan  terpal untuk pembuatan 15 kolam bagi warga Desa Wiralaga 2, Kecamatan Mesuji.
    Terpal itu diberikan Dinas PMD agar masyarakat Wiralaga nantinya mempunyai penghasilan baru dan tidak tergantung pada mata pencarian lama.

    Diketahui mata pencarian masyarakat pribumi Mesuji sebelumnya adalah mencari ikan dan kayu gelam namun kini ikan dan kayu semakin hari semakin habis, untuk mengantisipasi hal tersebut PMD mendukung masyrakat untuk membuat kolam sebagai usaha baru bagi masyarakat.

    Plt Kadis PMD Kabupaten Mesuji Sunardi mengatakan, masyarakat Wiralaga, kecamatan Mesuji adalah pekerja keras dan mereka ingin maju untuk keluar dari ketertinggalan dan ini perlu bimbingan  dari semua pihak.

    "Karena perkembangan zaman, ikan dan kayu sudah semakin habis, usaha semakin sulit, terinspirasi dari program  inovasi Bapak Bupati Khamami, mereka ingin membudidayakan ikan dan kita dukung sebagai percobaan kita bantu terpal untuk 16 kolam," jelas Sunardi Selasa (24/07/2018).

    Sunardi menjelaskan, konsumsi ikan di Wiralaga sangat tinggi, di antaranya untuk dibuat kerupuk, ikan asin dan ikan salai atau ikan asap.
    Dinas PMD mencoba membantu 15 kolam dulu jika ini sukses nanti akan dimasukan di program Pemda Mesuji atau masuk di APBDes yg dikelola Bumdes.

     "Mengenai bibit kelapa, kita ketahui saat ini jembatan Way Gebang sedang dibangun, kemungkinan besar jika masyarakat dari Kecamatan Rawajitu Utara, KTM dan Mesuji atas mau ke Pemda lewat Wiralaga. Karena bisa menghemat waktu lebih kurang 1,5 jam. Dengan kami bantu 100 bibit kelapa, jika kelak ada yang butuh es dugan cukup ke Wiralaga berikut dengan pecel lele dan pindang ikan ayam," tukasnya (Misdi)


    Item Reviewed: Dinas PMD Mesuji Salurkan Benih Pohon Kelapa pada Warga Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top