728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Arinal Paparkan Program Pertanian di Lampung Tengah

    Arinal memberikan sambutan saat kampanye dialogis

    Bangun Rejo- Cagub Lampung nomor urut 3 Arinal Djunaidi akan membangun Provinsi Lampung di segala bidang, termasuk sektor pertanian.
    Cagub yang berpasangan dengan Chusnunia Chalim (Nunik) ini mengaku memiliki janji kerja sebanyak 33 item (poin).
    "Tidak semua bisa saya jabarkan di sini. Namun yang saya jabarkan di sini, hanya (item) pertanian," kata Arinal Djunaidi saat kampanye dialogis di desa Tanjung Jaya, kecamatan Bangun Rejo, kabupaten Lampung Tengah, Sabtu (03/03/2018) pagi.
    Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini menjabarkan, dari 33 item itu, ada 8 yang diprioritaskan ke petani di antaranya, Arinal memiliki cara bagaimana petani yang suka mengeluh karena menghadapi masalah-masalah klasik yang kerab membelit petani, seperti masalah pupuk, bibit, harga jual hasil pertanian dan lainnya.
    "Saya akan berikan Kartu Tani Berjaya sebagai wujud janji saya mensejahterakan, memenuhi keinginan petani," ungkap Arinal.
    Mantan Kadis Pertanian ini memaparkan, keunggulan Kartu Tani Jaya di antaranya memberikan kepastian akan keberadaan benih (bibit) yang berkualitas untuk petani.
    "Saat ini saya lihat padi ditanam tumbuhnya kurang rata, itu merugikan petani," ucapnya.
    Kemudian kata Arinal, kepastian keberadaan pupuk, teknisnya pupuk ada di kelompok desa agar pasokan pupuk tetap ada, kemudian soal kepastian adanya pestisida (obat) untuk petani, masalah lain adalah harga komoditas pertanian murah.
    "Padahal ketika rakyat membutuhkan, negara harus hadir, termasuk pemprov dan gubenurnya. Termasuk kesulitan yang dialami petani," paparnya.
    Lalu, ketika panen, petani akan dijaminkan soal kepastian harga, dikarenakan di saat panen harga hasil pertanian di pasaran baik.
    "Waktu panen harga tinggi, diupayakan harga selalu stabil bagi petani. Akan menemukan harga yang menguntungkan," imbuhnya.
    Selanjutnya kata dia, dirinya ingin mengajak petani menitipkan hasil panen ke bank, ketika uang di bank, maka ada kepastian pupuk dan benih terjamin. "Lalu mendapat kemudahan apalagi, setelah 3 kali panen, 4 kali lancar, maka petani akan mendapat hak yang sama mendapat anggunan Rp 20 juta tanpa anggunan. Tapi jangan buat beli motor uangnya, beli kambing, ayam, itik boleh," pesan Arinal.
    Setelah itu lanjut Arinal, rata-rata petani berumur 47 tahun memiliki anak yang mulai tumbuh dewasa, bagaimana biaya sekolahnya?.
    "Anak petani pintar, saya berikan beasiswa, maka antarkan anak-anak buat pinter. Kartu Tani saya berikan pada petani baik yang memilih dan tidak memilih saya, kalo bisa pilih saya. Tidak ada kekuasaan saya, saya ingin mensejahterakan petani. Saya janji tidak akan menutupi hak petani," imbuhnya," kata Mantan Sekdaprov Lampung ini. (Rls)



    Item Reviewed: Arinal Paparkan Program Pertanian di Lampung Tengah Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top