728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Laporan Elemen, Inspektorat Lampung Timur Pastikan Periksa Pembangunan Takola SD

    Pekerja mengerjakan bangunan SD
    Lampung Timur - Diduga banyaknya indikasi pengurangan volume pada rehab sekolah dasar melalui Program Kementrian Pusat Tata Kelola Tahun 2017 lalu, Inspektorat Kabupaten Lampung Timur akan memanggil pihak-pihak terkait, setelah adanya laporan dari elemen masyarakat setempat.



    LSM Topan RI melalui Bidang Hukum Al Basid mengatakan, pihak pelaksana swakelola tersebut hanya berpatokan dengan buku yang dibagikan Kementrian, dan bukan gambar perencanaan yang telah di buatkonsultan.


    Program Takola tersebut menurutnya, mulai dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 slalu, itu ternyata diduga kuat hanya menjadi ajang bisnis para pemangku jabatan semata, pasalnya, hampir rata-rata penerima, sekaligus pelaksana Takola rehab SD tidak sesuai spesifikasi.


    Di antaranya, rangka baja yang digunakan tidak berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan ukuran ketebalan 0,75 mm, namun yang ada hanya berukuran 0,70 mm, atau biasa disebut besi banci.


    "Kalau dia berstandar Nasional maka tebal kanal atau balokan baja ringan berukuran 0,75 mm, itu pasti berlogo SNI, tapi kalau cuma 0,70 tidak ada label SNI-nya, yang saat ini rata-rata pihak SD penerima Takola menggunakan rangka baja 0,75," ketus Al Basid, Rabu (21/02/2018).


    Bukan hanya itu, banyak lagi hasil dari temuan Topan RI terhadap pelaksanaan program Takola di Kabupaten Lampung Timur, bahkan pihak-pihak terkait pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terkesan saling lempar tanggung jawab.


    Inspektur Pembantu (Irban) III Inspektorat Lampung Timur Yopi Humara mengaku dalam waktu dekat akan melakukan pemeriksaan atas adanya dugaan tersebut.


    "Rencananya kita akan melakukan pemeriksaan terhadap dinas terkait, karena dengan gambar dan beberapa bukti laporan ini cukup untuk ditindak lanjuti," tegas Yopi Humara.

    Dalam kesempatan itu Yopi juga berharap agar LSM pelapor dapat  melengkapi lagi data-data terkait program Takola tahun anggaran 2017. (FR)



    Item Reviewed: Laporan Elemen, Inspektorat Lampung Timur Pastikan Periksa Pembangunan Takola SD Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top