728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Kejari Sukadana Diminta Lidik Pembangunan Puskesmas Way Jepara

    Fauzi Ahmad
    Lampung Timur – Ketua LSM Gerakan Cinta (Genta) Lampung Timur (Genta) Fauzi Ahmad mengatakan, perusahaan peserta lelang yang mengerjakan Rehab Puskesmas  Desa Braja Sakti Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur tahun anggaran 2017, ditengarai tidak memiliki persyaratan sebagai peserta lelang untuk bangunan atau gedung Kesehatan (SBU BG 008).

    "Bahwa Pokja telah salah menetapkan persyaratan SBU 008 dan atau memenangkan peserta lelang yang tidak memenuhi syarat-syarat  kualifikasi dalam dokumen lelang pada Rehab puskesmas Way Jepara itu,” kata dia, Selasa (20/02/2018).

    Alasannya kata Fauzi, perusahaan pemenang tidak memiliki SBU BG 008, tetapi tetap dimenangkan, untuk persoalan itu, tidak mungkin Pokja tidak mengerti.
    “Artinya benar jika sekarang ini ramai menjadi perbincangan, bahwa ada dugaan intimidasi dari orang kuat agar Pokja tetap memenangkan perusahaan itu," tandas Fauzi.

    Menurutnya, ihwal tidak lengkapnya persyaratan perusahaan pemenang lelang puskesmas tersebut dari bukti online LPJK bulan Juli 2017, tepat di mana lelang sedang digelar perusahaan pemenang juga masih mengajukan permohonan ke Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

    "Itu menandakan dalam waktu yang sama, lewat pada saat lelang. Bahwa PT pemenang lelang itu baru menambahkan klasifikasi BG 008 di bulan Juli 2017, tepat bersamaan dengan proses lelang, apa itu dapat dibenarkan?.  Sedangkan dalam dokumen lelang mensyaratkan wajib bagi peserta lelang melampirkan SBU BG 008," tegas Fauzi Ahmad.

    Atas dasar itu Genta Lampung Timur telah melaporkan hal itu kepada Kejaksaan Negeri Sukadana beberapa waktu lalu.

    "Dan kami berharap pihak Kejaksaan Negeri Sukadana dapat melakukan penyelidikan lebih mendalam terkait adanya dugaan kolusi dan nepotisme Pokja dalam pelaksanaan proses lelang rehab gedung Puskesmas Way Jepara senilai Rp 4,5 miliar," pungkasnya. (FR)
    Item Reviewed: Kejari Sukadana Diminta Lidik Pembangunan Puskesmas Way Jepara Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top