728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Petahana Ridho Diprediksi Maju Jalur Independen, Ini Kata Akademisi

    Dedy Hermawan. foto whatsapp.
    Bandarlampung- Petahana Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo terancam gagal maju pilgub melalui jalur partai.

    Ketua DPD Demokrat Lampung ini diprediksi maju pilgub melalui jalur independent. Lantas apa kata akademisi dari Universitas Lampung (Unila) ? mensikapi ketua partai yang terancam maju pilgub melalui jalur independen?. 

    Akademisi dari Unila Dedy Hermawan menilai, prediksi M. Rido Ficardo  maju Pilgub Lampung melalui jalur independen itu sebuah pilihan yang memang sesuai ketentuan yang ada. Dikarnakann itu jalannya ada dua jalur yaitu jalur parpol dan jalur independen, ketika jalur parpol tidak mendapatkan dukungan dari parpolnya maka setiap perorangan yang ingin maju dari pilgub/pilkada mereka bisa maju dengan independen.

    “Dilihat dari yang terjadi, memang peluang incumbent (M. Ridho Ficardo) untuk jalur parpol kecil,” kata Dedi, Jumat (17/11/2017).

    Dosen Fisip ini berujar, dilihat dari konsilidasi yang ada sekarang, kemudian secara otomatis bila ingin maju pilkada tahun 2018 bisa melalui maju dari jalur independen, sepertinya incumbent memutuskan untuk maju pilkada melalui independen.
    “Berarti sudah menggambarkan bahwa di jalur parpol mengalami kemunduran,” ucapnya.
    “Jadi pilihan incumbent dengan menggunakan melalui independen mengunakan jalur seperti itu,”.
    Disinggung pernahkah Petahana yang juga ketua partai diprediksi maju pilgub melalui jalur independen pernah terjadi di Indonesia?.

    “Petahana melalui independen saya kurang paham. Tapi kayanya ada seperti itu. Saya pernah denger ada di daerah-daerah lain,” ucapnya.

    Disinggung ihwal alasan Petahana terancam maju pilgub melalui jalur independen? Pengamat Kebijakan Publik ini menilai, karena parpol yang tidak mencukupi perahunya, berdampak pada incumbent bisa melabuhkan pilihannya dengan independen.
    “Jadi semua itu bisa ditentukan dengan semua syarat yang sudah ditentukan,” imbuhnya.

    Baru-baru ini ada indikasi Petahana melibatkan ASN di lingkup Pemprov Lampung menggalang KTP untuk mendaftarkan ke komisi pemilihan umum (KPU) melalui jalur independen, Dedy mengatakan, jika ada ASN dilibatkan dengan mengumpulkan KTP itu sudah salah.

    “Jangan menggunakan jabatannya untuk berpolitik untuk mengajak ASN,”.
    “Itu bisa di aporkan ke jalur hukum ke aperatur negeri sipil,” kata dia.
    Jika itu terjadi dan bisa dilaporkan dengan memanfaatkan ASN, ia berharap, itu tidak dilakukan dengan memanfaatkan jabatannya, jadi kata dia, bila ada incumbent menggunakan jabatan seperti itu bisa dilaporkan.

    “Ada barang bukti dan menunjukkan bukti rekaman agar memperkuat hukum dengan barang bukti,” tegasnya. (red)
               


    Item Reviewed: Petahana Ridho Diprediksi Maju Jalur Independen, Ini Kata Akademisi Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top