728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Pilkada Lampung, Ini Pesan Dewan Pers

    Bandar Lampung - Dewan Pers bekerjasama dengan AJI, IJTI, SMSI dan Komponen Pers di Lampung mengadakan Workshop bertema Menjaga Independensi Media Dalam Pilkada 2018 menghadirkan narasumber Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo, Anggota Dewan Pers Jimmy Silalahi dan Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah. Selasa (3/100 di Bandarlampung,

    Yosep mengungkapkan, dalam menggelar pilkada pada tahun 2018 dan 2019 diharapkan peran media untuk menjaga situasi politik agar tetap tenang dalam pemberitaan di lapangan. Walaupun di dalam peliputan ada yang gaduh Sebagai seorang pers harus meredam kegaduhan bukan dibuat menjadi gaduh. 

    “Saya berharap Lampung dapat mengawal proses demokrasi yang tenang dan damai sampai pilkada di seluruh di daerah daerah di provinsi lainnya,” kata dia.

    “Nanti Dewan Pers akan  mendeklarasikan pemilu damai dan mudah-mudahan diikuti oleh provinsi lainnya, Lampung akan menjadi provinsi pertama dalam deklarasi,” tambahnya.

    Provinsi Lampung merupakan salah satu Provinsi yang penting selain Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kata dia, ada banyak kepentingan yang akan bermain dalam pilkada di wilayah ini dan bukan hanya partai politik tapi juga interes para pengusaha dan pemodal.
    “Akan ikut meramaikan bursa pencalonan kandidat kepala daerah,” imbuhnya.

    Media akan menjadi instrument penting yang akan dilirik bagi mereka yang memiliki kepentingan untuk memenangkan calon masing masing, dan kode etik jurnalistik (KEJ), mensyaratkan independensi, akurasi berita keberlambangan itikad baik, asas praduga tidak bersala, membela kelompok voiceless, perlindungan terhadap narasumber orang beresiko. Bukan tidak mungkin konflik kepentingan yang terjadi selain pilkada akan berbenturan dengan KEJ yang seharusnya menjadi acuan utama jurnalis.
    “Dalam menyajikan berita terkait pilkada,” tuturnya.

    Jimmy Silalahi memaparkan, dalam pilkada itu ada dua yang harus dipahami yaitu pertama apa yang harus disajikan peserta seperti peserta pilkada, regulator dan regulasi pilkada, tahapan pilkada pengamanan pilkada, isu terkait pilkada, peran serta syarakat dan lain-lainnya. Sedangkan yang kedua apa yang harus terjadi maksudnya di dalam kejadian itu benar-benar nyata dalam kejadian.


    Workshop diikuti oleh puluhan petinggi pers di Lampung, Humas Polda Lampung, Humas Pemprov Lampung, dan Humas Polresta Bandarlampung. Hadir juga jurnalis cetak, elektronik, dan online.
    Item Reviewed: Pilkada Lampung, Ini Pesan Dewan Pers Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top