728x90 AdSpace

pasang
  • Latest News

    Ini Cara Disdukcapil Lampung Selatan Validkan Jumlah Penduduk

    Kadisdukcapil Lamsel Edy Firnandi
    Lampung Selatan : Agar akurasinya jumlah penduduk serta tertib data kependudukan di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) Edy Firnandi menghimbau aparatur desa/kelurahan agar melapor jika ada warga yang meninggal dunia.

    Ditemui di kantornya, Kadisdukcapil Kabupaten Lamsel Edy Firnandi mengatakan, persoalan tidak validnya data jumlah penduduk salah satu penyebabnya akibat ditimbulkan persoalan yang termasuk sepele tersebut.

    "Misalkan, dalam akta Kartu Keluarga (KK) si A namanya masih ada, tetapi orangnya sudah meninggal. Sementara pihak keluarga atau aparat desa/kelurahan tidak melapor, itukan menyebabkan ketidak validtan data kependudukan kita, khususnya di Lampung Selatan," kata Edy, Rabu (04/10/2017).

    "Imbasnya, membuat rancuh data kependudukan. Saya himbau, agar tertib laporan kematian aparatnya aktif, cara melaporkannya, dari desa ke kecamatan dengan melampirkan surat keterangan meninggal (SKM), kemudian ke Disdukcapil. Setelah itu, akan kita terbitkan KK yang baru," tambahnya.

    Selain itu, mempermudah aparatur desa/kelurahan maupun masyarakat melaporkan jika ada warga atau keluarganya meninggal dunia. Pihak Disdukcapil Kabupaten Lamsel sudah menyediakan media sosia seperti "Facebook, Whatsapp". Jadi, ujar Edy, silahkan melaporkan melalui akun resmi milik Disdukcapil Lamsel.

    "Tidak usah datang ke Kantor Disdukcapil jika jaraknya jauh. Silahkan melapor pada medsos kami, untuk medsos "Whatsapp (WA)", langsung keperangkat android saya. Silahkan dicatat nomor WA saya, 082176176373," beber mantan Kepala BPKAD Kabupaten Lamsel ini.

    Lebih jauh Edy Firnandi membeberkan, mengebut validnya data kependudukan di Kabupaten Lamsel, kedepan tiap desa/kelurahan akan diadakan petugas khusus registrasi. Fungsinya, ujar Edy, mendata atau melaporkan tentang kependudukan di Lamsel.

    "Sebenernya ini wajib diadakan. Tetapi, untuk kedepannya dan sudah saya laporkan kepimpinan (Bupati, red) akan dikoordinasikan dengan pihak desa, menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2018 agar dibentuk. Tugasnya, meregistrasi atau melaporkan tentang kependudukan seperti kelahiran, kematian, penduduk baru," pungkasnya. (eko)


    Item Reviewed: Ini Cara Disdukcapil Lampung Selatan Validkan Jumlah Penduduk Rating: 5 Reviewed By: Surya Andalas
    Scroll to Top